Senin, 23 September 2013

Apa yang apoteker lakukan dan di mana mereka bekerja ?



Pada saat anda bertanya kepada masyarakat biasa terlebih masyarakat yang kurang mengerti dunia pendidikan tentang apa itu apoteker mungkin sedikit diantaranya akan menjawab bahwa apoteker itu adalah pembuat obat, itupun masih sedikit keliru, dan selebihnya akan berkata kami tidak tau apoteker itu siapa? Dan mungkin akan balik bertanya dengan pertanyaan yang akan mengiris hati bagi apoteker itu sendiri dengan pertanyaan “memang ada yang dinamakan apoteker ?
Dengan demikian siapa yang akan disalahkan dan siapa yang akan menyalahkan mereka? Itu Fakta.
Padahal berdasarkan keputusan meteri kesehatan yang termaktub dalam PP 51 dimana tenaga kesehatan termasuk apoteker dan sarjana farmasi sangat jelas mengenai pembagian wilaya kerja dan posisi serta bidang–bidangnya dan disusul lagi dengan uu no 36 yang sangat kontradiksi dengan PP 51.


Keputusan dan undang-undang itupun hadir masih dipenuhi dengan kerancuhan yang terbukti masih adanya tumpah tindih dalam hal wilaya kerja dan bahkan ketidak jelasan apoteker dan sarjana farmasi ketika di tempatkan di rumah sakit, hal itu sangat jauh dari persfektif apoteker (Farmasis) yang sebenarnya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa farmasi bukan hanya tentang mengisi resep. ini adalah tentang mempromosikan kesadaran kesehatan dan berkontribusi terhadap perbaikan masyarakat .

Apoteker dapat : mempersiapkan atau mengawasi pengeluaran obat-obatan, salep dan tablet menyarankan pasien tentang bagaimana obat-obatan mereka harus diambil atau digunakan dengan cara yang paling aman dan paling efektif dalam pengobatan penyakit umum  menyarankan anggota profesional kesehatan masyarakat dan lainnya mengenai obat-obatan (baik resep dan obat over-the-counter), termasuk pemilihan dosis dan interaksi obat yang sesuai, potensi efek samping dan efek terapi  pilih, memberikan saran dan pasokan obat-obatan non -resep, perlengkapan kamar sakit dan produk lainnya   mengembangkan standar yang diakui secara hukum, dan memberi nasihat tentang kontrol pemerintah dan peraturan mengenai pembuatan dan penyediaan obat-obatan     bekerja dalam penelitian dan pengembangan obat-obatan dan produk kesehatan lainnya yang berhubungan terlibat dalam pengelolaan perusahaan farmasi .
Apoteker masyarakat mengeluarkan resep, memberikan nasihat tentang pemilihan obat dan penggunaan untuk dokter dan profesional kesehatan lainnya, saran kesehatan primer dan dukungan, dan mendidik pelanggan pada promosi kesehatan, pencegahan penyakit dan penggunaan yang tepat dari obat-obatan .
Konsultan apoteker baik dipekerjakan oleh apotek masyarakat atau rumah sakit, atau wiraswasta dan kontrak dengan apotek masyarakat untuk memberikan ulasan obat untuk perawatan perumahan atau pasien rawat jalan dan / atau jasa kognitif obat - terkait lainnya .
Farmasis rumah sakit beroperasi sebagai bagian dari tim kesehatan dan terlibat dalam memantau penggunaan obat, konseling pasien, memberikan informasi obat dan nasihat kepada para profesional kesehatan dan masyarakat, melakukan uji klinis dan menyiapkan produk untuk digunakan pasien. Mereka biasanya memiliki banyak kontak dengan profesional kesehatan lain dan anggota masyarakat.
Apoteker industri melakukan penelitian dan pengembangan, manufaktur, pengujian, analisis dan pemasaran produk farmasi dan medis.
Di luar tempat persegi dan akan : Apoteker juga bekerja sebagai Locums dan dalam bidang-bidang seperti militer, hukum, jurnalisme, pengajaran akademik, penelitian, kebijakan farmasi dan di daerah pedesaan dan terpencil, dan bahkan luar negeri .
Itulah tugas apoteker (Farmasis) seperti yang di jelaskan diatas. Selanjutnya tinggal masyarakat yang meniliai apa yang dilakukan apoteker dan memilih kemana mereka harus bertanya jika persoalan yang di alami ada dalam rentetan penjelsan diatas, terlebih bagi para pemilik modal dalam mendirikan dan menjalankan usaha mereka yang berkaitan dengan dunia farmasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar